Arah Komunikasi




Adapun arah komunikasi, yaitu :
1.     Komunikasi ke atas
Ø  Merupakan pesan yang dikirim dan tingkat hierarki yang lebih rendah ke tingkat yang lebih tinggi
Fungsi arus komunikasi dari bawah ke atas ini adalah :
a.      Penyampaian informasi tentang pekerjaan-pekerjaan maupun tugas yang sudah dilaksanakan
b.     Penyampaian informasi tentang persoalan-persoalan pekerjaan maupun tugas yang sudah dilaksanakan
c.      Penyampaian saran-saran perbaikan dari bawahan
d.     Penyampaian keluhan dari bawahan tentang dirinya sendiri maupun pekerjaannya
2.     Komunikasi ke bawah
Ø  Merupakan pesan yang dikirim dari tingkat hirarki yang lebih tinggi ke tingkat lebih rendah
a.      Pemberian atau penyampaian instruksi kerja
b.     Penjelasan dari pimpinan tentang mengapa suatu tugas perlu dilaksanakan
c.      Penyampaian informasi mengenai peraturan-peraturan yang berlaku
d.     Pemberian motivasi kerja kepada karyawan untuk bekerja lebih giat
3.     Komunikasi vertical
Ø  Komunikasi yang mengatur dari atas ke bawah dan sebaliknya dari bawah ke atas. Hubungan tersebut bersifat timbale balik antara atasan dan bawahan
4.     Komunikasi horizontal
Ø  Komunikasi hiorizontal dikenal juga dengan komunikasi lateral, yaitu tindak komunikasi ini berlangsung di antara para karyawan ataupun bagian yang memiliki kedudukan yang setara. Fungsi arus komunikasi horizontal adalah
a.      Memperbaiki koordinasi tugas
b.     Upaya pemecah masalah
c.      Saling berbagi informasi
d.     Upaya pemecahan konflik
e.      Membina hubungan melalui kegiatan bersama



    Model Komunikasi



Steward L.Tubbs dan Sylvia Moss dalam human communication menguraikan ada 3 model dalam komunikasi yaitu :
1.     Model komunikasi linier (one-way communication)
Dalam model ini komunikator memberikan suat stimuli dan komunikan melakukan respon yang diharapkan tanpa mengadakan seleksi dan interprestasi. Komunikasinya berdifat monolog
2.     Model komunikasi interaksional
Pada tahap ini terjadi feedback atau umpan balik. Komunikasi yang berlangsung bersifat dua arah dan ada dialog.
3.     Model komunikasi transaksional
Dalam model ini komunikasi hanya dapat dipahami dalam konteks hubungan (relationship) antara dua orang atau lebih

Post a Comment

Previous Post Next Post