Pengantar Filsafat



Apa yang dimaksud dengan filsafat (philosophy)? Secara umum, pengertian filsafat adalah suatu studi yang membahas secara kritis dan skeptis tentang berbagai fenomena yang ada dalam pemikiran dan kehidupan manusia, lalu dijabarkan secara teoritis dan mendasar.
Pendapat lain menyebutkan arti filsafat adalah suatu kebijaksanaan hidup (filosofia) untuk memberikan suatu pandangan hidup secara menyeluruh berdasarkan refleksi terhadap pengalaman hidup dan pengalaman ilmiah. Dengan kata lain, dalam filsafat tidak terdapat eksperimen atau percobaan, tapi mengemukakan masalah secara persis, mencari solusi, serta memberikan argumentasi atas solusi tersebut.

Secara etimologi, istilah ‘filsafat’ berasal dari bahasa Yunani, yaitu philosophia dan philoshophos. Philo artinya cinta, sedangkan shopia atau shopos artinya kebijaksanaan, pengetahuan, dan hikmah. Sehingga dalam hal ini, definisi filsafat adalah sejumlah gagasan yang penuh dengan kebijaksanaan, pengetahuan, dan hikmah.




Cabang-cabang Filsafat

1.   Metafisika

Cabang pertama disebut Metafisika. Artinya adalah cabang dari ilmu Filsafat yang mempelajari tentang suatu keberadaan. Cabang ini biasanya mengupas secara detail mengenai asal-muasal suatu perkara. Dalam setiap pengajarannya Metafisika ini selalu menanyakan suatu perkara secara analitis dan fundamental, menguak suatu perkara hingga jelas dan dipahami. Kemudian dalam pembahasannya Metafisika akan meliputi dua dunia yaitu luar pikiran dan dalam pikiran.

2. Epistimologi

Cabang ilmu filsafat yang kedua disebut Epistimologi. Kenapa disebut begitu? Karena pada cabang ini membahas perkara tentang pengetahuan atau bahasa orang filsafat “Anda tau dari mana?” artinya dalam Epistimologi mempelajari mengenai pengetahuan yang kita tau akan sesuatu itu asalnya dari mana. Bagaimana tau dan lainnya. Epistimlogi berperan untuk menjelaskan cabang yeng pertam yaitu, Metafisika.

3. Etika

Cabang filsafat yang ketiga disebut etika, mengapa demikian? Karena pada pengajarannya ilmu filsafat ini membahas tentang baik atau buruk. Biasanya di gunakan sebagai pedoman berperilaku di dalam masyarakat

4. Estetika

Cabang filsafat yang mempelajari dan membahas tentang keindahan, bagaimana keindahan dapat terbentuk, dan bagaimana keindahan tersebut dapat disadari dan dirasakan oleh manusia.


Post a Comment

Previous Post Next Post